Inilah keseruan di Workshop Menulis Cerita untuk Ayah/Ibu dan Anak hari ini! Meskipun cuaca pagi ini mendung, para ibu dan anak-anak tetap bersemangat untuk belajar menulis cerita yang asyik bersama Ibu Sofie Dewayani dari Litara Foundation.

Workshop pun dimulai dengan pertanyaan, “Kalau kita membaca buku atau menonton film, apa yang membuat kita tertarik, ya?” Ternyata, kuncinya ada di tokoh dan alur cerita yang asyik. Tokoh yang asyik bisa berwujud apapun, mulai dari manusia, binatang, ataupun benda. Tokoh di dalam sebuah cerita bisa banyak dan bermacam-macam, tapi pasti ada satu tokoh utama yang memiliki karakter, tujuan, motivasi dan tantangan yang dihadapi. Pesan Bu Sofie, “Cerita yang baik adalah yang tokohnya mengalami perubahan, baik dari bentuk, pandangan, sikap, atau perilaku.”

Para ibu dan anak-anak langsung mempraktikkan materi yang telah dipaparkan oleh Ibu Sofie dengan menulis ceritanya masing-masing. Setelahnya, giliran anak-anak bercerita tentang cerita yang sudah dibuatnya. Kolaborasi ibu dan anak ternyata sukses menciptakan cerita-cerita yang seru dan mengasyikkan..! Semuanya pun mendapat oleh-oleh buku terbitan Litara Foundation dari Ibu Sofie sebagai apresiasi semangat menulis hari ini. Senangnyaa…

Sampai jumpa di pre-event Festival Hari Buku Anak Vol. II selanjutnya..! 😉

Teks: Laras Sekar Melati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s