Tentang Program

Sebagai salah satu perpustakaan komunitas di Kota Bandung, Pustakalana hadir untuk menjalankan fungsi sebagai perpustakaan anak dengan menyediakan beragam koleksi buku-buku, untuk anak-anak (koleksi utama), remaja, dan juga dewasa, menyediakan ruang alternatif untuk mengembangkan diri bagi anak dan keluarga, serta menyalurkan ide, hobi, dan kreativitas melalui program-program di Ruang Terbuka Pustakalana.

Untuk mengembangkan fungsi perpustakaan, sejak 2016, kami memberikan kesempatan kepada anak-anak di tingkat PAUD (usia prasekolah, TK A, dan TK B) untuk mengunjungi Pustakalana dalam program Pustakalana’s School Visit Program. Kami ingin menjadi sebuah fasilitas bagi anak-anak untuk dapat mengenal perpustakaan, memahami konsepnya, mengetahui kegiatan-kegiatan yang bisa mereka lakukan di dalamnya, dan nilai-nilai positif (disiplin, tanggung jawab, kepedulian dan kehati-hatian saat menggunakan properti publik, toleransi, kejujuran, dll) yang disebarkan oleh keberadaan sebuah perpustakaan. Besar harapan kami, kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap buku, perpustakaan, dan, tentunya, budaya literasi.

Isi Acara

Tujuan kegiatan School Visit ini adalah untuk memperkenalkan anak dengan bentuk, fungsi, dan aturan di perpustakaan. Dalam kegiatan ini, Pustakalana menyediakan beberapa pilihan kunjungan, yang detailnya bisa dilihat di http://bit.ly/svp_pustakalana