Cerita Pustakalana 2005 – 2015

Pustakalana merupakan organisasi not-for-profit yang menyediakan layanan berupa perpustakaan untuk anak, warung buku anak dan dewasa, dan kegiatan ruang terbuka untuk anak (khususnya usia 2 – 6 tahun).

Pada awal terbentuknya, yakni di tahun 2005, keberadaan Pustakalana diharapkan dapat menjadi tempat di mana orangtua (atau pendamping anak lainnya) dapat meluangkan waktu bersama anak untuk membaca bersama, menjadi alternatif tempat baik bagi anak maupun untuk orangtua agar dapat bermain dan saling bertukar pikiran, dan yang terpenting anak-anak mendapatkan akses mudah untuk bisa membaca buku-buku bermutu dengan harga terjangkau.

LOGO PUSTAKALANA
Logo awal Pustakalana (kreasi: Kandi Sekarwulan dan Wildan Setiabudi)
225099_9635703228_1081_n
Suasana Pustakalana – di Jl. Bengawan No 60, Bandung (2005)
230949_9635698228_44_n
Hamdan Yudanto – selaku co-founder dan Koordinator Utama Pustakalana (2005 – 2006)
2872_1082903869905_4473554_n
Kandi Sekarwulan – dengan salah satu kegiatan Ruang Terbuka Pustakalana yang berisikan kegiatan edukasi dan hands-on learning activities.

Akan tetapi masa-masa indah di Bengawan tidak berlangsung lama, Pustakalana pindah ke beberapa tempat lainnya: Jl. Lombok, Jl. Ranggamalela, hingga ke Gedebage dan yang terakhir di Tubagus Ismail. Dan seiring perjalanan waktu juga, pengurusnya berganti. Terakhir, lokasi Pustakalana adalah di komplek perumahan Alamanda, dan dikelola oleh Ibu Sri Florianti Priadi.

Pustakalana memantapkan koleksinya hingga koleksi buku sekitar 7000 buku. Koleksinya melibatkan fiksi dan non-fiksi, parenting, filosofi, sejarah, politik, hingga buku-buku tentang hobby (fotografi, memasak, dll). Namun tidak banyak yang mengetahui keberadaan Pustakalana, karena selain akses lokasi, adalah keterbatasan SDM yang terlibat menjalankan kegiatan harian di Pustakalana (Alamanda) ini.

IMG_2578
Suasana saat Pustakalana di komplek perumahan Alamanda

Bulan September 2015, Puti Ceniza (Chica) yang pada awal Pustakalana sempat terlibat sebagai Manager Humas saat masih di Jl Bengawan (2005-2006), baru saja kembali dari Amerika Serikat. Chica membawa banyak koleksi-koleksi buku yang memang diniatkan untuk bisa dinikmati masyarakat umum melalui perpustakaan anak. Koleksi-koleksi buku inilah yang saat ini menjadi koleksi utama buku di Pustakalana yang baru:

IMG_5840

IMG_5845

Awal Desember 2015, Pustakalana bergabung di Bandung Creative City Forum (BCCF) yang berlokasi di Simpul Space #3  untuk mengelola perpustakaan bersama yang difokuskan untuk anak: Simpul Library – Pustakalana. “Perpustakaan Anak dan Ruang Terbuka” ini menyimpan koleksi-koleksi buku anak berbahasa Inggris (children picture books) sekitar 2500 koleksi dan beberapa buku referensi, serta buku untuk remaja dan parenting.

IMG_5843
Simpul Library – Pustakalana: Simpul Space #3 Jalan Taman Cibeunying Selatan No.5 Bandung
IMG_1314
Peresmian Simpul Library – Pustakalana oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil “Kang Emil”, yang merupakan salah satu rangkaian dari sosialisasi Bandung sebagai Kota Desain oleh UNESCO.

 

Logo Pustakalana Baru
Logo Pustakalana Baru

Kami berharap kehadiran Simpul Library – Pustakalana bisa menjadi tempat bagi anak dan keluarga untuk bisa sama-sama membangun sebuah budaya sehat dan positif: melalui kegiatan membaca, berkreasi, dan sharing knowledge dalam berbagai kegiatan yang kami adakan.

 

3 thoughts on “Perjalanan Pustakalana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s