Volunteer Pustakalana

Hai! Terima kasih atas ketertarikannya untuk menjadi volunteer di Pustakalana. Volunteer merupakan tulang punggung dari organisasi ini, di mana para pengurusnya turut berpartisipasi atas dasar kerelawanan. Setiap volunteer memiliki tanggung jawab dan tujuan yang sama, yakni turut menjaga keberlangsungan Pustakalana sebagai sebuah organisasi yang berkelanjutan. Itulah mengapa volunteer memiliki jasa dan peran yang sangat besar bagi tumbuh dan majunya Pustakalana.

Nah, berkenaan dengan hal itu, Pustakalana membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi siapa saja yang ingin bergabung sebagai volunteer. Di sini, kita akan sama-sama belajar dan saling memberi manfaat. Divisi atau bidang yang ditawarkan pada para volunteer juga sangat beragam, yang didasarkan pada minat dari volunteer tersebut, sehingga selama di Pustakalana, setiap volunteer dapat memaksimalkan potensinya untuk berkontribusi secara sukarela serta bahagia yang tentunya sejalan dengan visi dan misi Pustakalana.

Setelah bergabung bersama Pustakalana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh volunteer, di antaranya:

1. Dapat berpartisipasi aktif dan rutin

Bentuk partisipasi ini sangat bergantung pada kesepakatan kamu dengan dirimu sendiri. Setelah memutuskan untuk bergabung dengan Pustakalana, artinya kamu bersedia berkontribusi, baik dalam bentuk waktu, tenaga, maupun pikiran. Kamu bisa meluangkan waktu sesuai dengan kesanggupanmu, apakah 2 jam dalam seminggu, 6 jam dalam seminggu, atau bahkan 1 hari dalam sebulan. Sedangkan untuk kamu yang berasal dari luar kota, kamu tidak perlu khawatir, kontribusi tetap dapat kamu berikan melalui jarak jauh, misalnya seperti salah satu volunteer kami, Laras, yang meskipun tidak berdomisili di Bandung, tetapi tetap dapat memberikan kontribusi melalui desain-desainnya yang lucu dan menarik untuk setiap kegiatan-kegiatan yang ada di Pustakalana.

2. Komitmen selama enam bulan

Pustakalana adalah kumpulan para volunteer yang memberikan kontribusinya secara sukarela dan bahagia, namun demikian kami berharap setiap volunteer dapat berkomitmen untuk berpartisipasi di Pustakalana sekurang-kurangnya selama 6 bulan dengna memberikan kontribusi terbaiknya. Hal ini dikarenakan ketersediaan volunteer akan disesuaikan dengan program-program di Pustakalana yang dirancang per 6 bulan. Namun, jika ada hal-hal tertentu yang mengharuskan kamu berhenti sebelum 6 bulan, maka dapat dikomunikasikan dengan rekan volunteer dari divisi terkait.

3. Memilih bentuk kontribusi berdasarkan minat

Di Pustakalana, kamu bebas memilih di divisi mana kamu akan bergabung. Jika kamu menyukai anak-anak serta aktivitas-aktivitasnya, kamu dapat bergabung dengan Tim Ruang Terbuka. Jika kamu menyukai segala sesuatu tentang buku, kamu tentu dapat bergabung dengan Tim Perpustakaan. Jika kamu menyukai segala sesuatu yang berurusan dengan desain-mendesain, tak perlu ragu untuk bergabung dengan Tim Desain. Ya, kamu dapat memilih divisi sesuai dengan minat kamu. Pastinya masih ada lagi divisi-divisi lain selain yang disebutkan tadi.

4. Berkontribusi di dalam tim

Berisikan volunteer yang beragam profesi, aktivitas, asal, dan latar belakang mengharuskan kita yang tergabung di Pustakalana untuk dapat berkontribusi di dalam tim. Ada kalanya volunteer lain sebagai sahabat, ada kalanya pula volunteer lain sebagai keluarga. Dasar itulah yang membentuk kita untuk bekerja bersama memajukan Pustakalana.

5. Berkontribusi dengan bahagia

Yang tidak kalah penting sebagai volunteer di Pustakalana adalah kamu dituntut untuk selalu bahagia dalam memberikan kontribusi, sehingga setiap apa yang kamu lakukan akan memberikan kebahagiaan pula bagi orang lain. Seperti yang dikatakan Thomas Jefferson, “I believe that every human mind feels pleasure in doing good to another.”


Ingin bergabung?

Bagaimana? Sudah membaca seputar Volunteer Pustakalana?

Berminat untuk bergabung dan menjadi bagian dari kami?

Isi Volunteer Form di sini http://bit.ly/MenjadiVolunteer


Tahapan untuk menjadi volunteer

Setelah kamu mengisi Volunteer Form, berikut tahapan-tahapan selanjutnya:

1. Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) akan menghubungi kamu untuk janji temu yang selanjutkan akan dilakukan wawancanda.

2. Setelah menyepakati janji temu, wawancanda akan dilakukan di Pustakalana. Untuk kamu yang berdomisili di luar kota Bandung, wawancanda dapat dilakukan secara online.

3. Setelah melakukan wawancanda, jika kamu sesuai dengan kriteria yang akan mendukung visi dan misi Pustakalana, tim kami akan mengumumkan langsung pada kamu. And welcome to our team!